Berita Lokal Peristiwa Yang Terjadi sekitar Kita Jawa

Menjaga Berat Badan dan Kontrol Kesehatan

by Bisnis Investasi , at 03.45
Menjaga Berat Badan dan Kontrol Kesehatan Ringan Sendiri Ini juga bukan merupakan masalah yang sepele. Karena terbukti, berat badan yang berlebihan akan memicu terjadinya beberapa penyakit, seperti :
- jantung koroner;
- hipertensi (tekanan darah tinggi);
- perlemakan hati (fatty liver);
- diabetes mellitus (kencing manis).

Tentang Diet Penurunan Berat Badan
Bertindaklah bijak dan tepat dalam diet untuk program penurunan berat badan. Kadang-kadang, saking inginnya seseorang turun berat badannya, ia menjalani diet yang gila-gilaan (misalnya, hanya makan sekali sehari, minum air putih sedikit, dan ditambah jogging dalam kamar mandi uap sambil memakai jaket). Hasilnya? Berat badan bisa turun, bahkan dalam waktu cepat. Tetapi? Terkena sakit mag, ginjal terganggu, terkena bullemia nervosa, atau malah keracunan aseton.
Lalu, bagaimana semestinya?
1. Diet turun berat badan tetap dilakukan dengan frekuensi tiga kali makan sehari. Hanya, jumlah nasi atau karbohidrat dikurangi (dan bukan dihilangkan), lalu bisa diganti dengan sayur, buah, atau jus.
Misalnya, sarapan pagi biasa, makan siang juga biasa, makan malam, tanpa nasi dan ditambah jus buah atau sayur. Menghilangkan karbohidrat sama sekali dalam menu akan membuat tubuh memecah lemak yang ada untuk memperoleh energi. Hasil pecahan lemak adalah aseton yang dapat meracuni tubuh itu sendiri. Mengurangi frekuensi makan menjadi satu kali sehari atau puasa gila-gilaan juga bisa menguruskan badan dengan cepat. Tetapi, lambung terganggu, bahkan tubuh bisa mengalami bullemia nervosa, di mana tubuh memuntahkan kembali makanan yang masuk, seperti yang pernah dialami almarhum Lady Diana Spencer dulu.
2. Lakukan olahraga yang bersifat aerobik, teratur 3-5 kali seminggu dan membuat badan berkeringat. Ini sangat membantu.
3. Jangan menurunkan berat badan secara tiba-tiba dengan jogging di dalam kamar mandi uap sambil ditutup jaket. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami kekagetan (shock) dan malah membuat sakit. Program penurunan berat badan seperti ini hanya dilakuhan dalam olahraga tertentu dan harus dipantau oleh dokter kesehatan.
4. Jangan kurangi minum air putih dalam program diet. Tetaplah minum dua liter air putih sehari. Pengurangan air putih memang bisa mempercepat pengurangan berat badan, tetapi ginjal menjadi terganggu.
5. Ada lagi yang paling sederhana untuk menjaga berat badan tidak berlebih. Ketika Anda masih mempunyai berat badan ideal, ambil satu celana panjang Anda yang pas dengan ukuran perut dan gunakan itu sebagai parameter. Jika perut Anda terasa sesak memakai celana itu, Anda mulai kegemukan sehingga bisa bersiap untuk diet kembali mengurangi berat badan.
6. Hindari sering memakai daster. Daster sesuai dengan sifatnya yang los, menyebabkan orang sering tidak sadar bahwa lingkar perutnya sudah bertambah banyak!

Rumus Berat Badan Ideal
Rumus berat badan ideal yang umum adalah (TB -100)-10%. Misalnya, tinggi Anda 168 cm, berat badan idealnya adalah (168 -100)
Bisnis Investasi
About
Menjaga Berat Badan dan Kontrol Kesehatan - written by Bisnis Investasi , published at 03.45, categorized as Kesehatan , Tips Sehat
Comment disabled
Copyright ©2013 Jawa City
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger